Perbedaan SIA dengan SIM

 

Hubungan SIM dengan SIA

Di dalam suatu perusahaan atau organisasi SIM tidak bisa terlepas dari SIA, keduanya saling terkait. Hubungan diantara keduanya antara lain :

  1. Dalam SIM, database diperoleh sebagian besar dari SIA, sehingga dalam proses pengolahannya dapat dilakukan beberapa tindakan untuk mengatasi masalah yang berasal dari SIA dan masalah yang lain.
  2. Apabila perusahaan berkeinginan untuk perencanaan kedepan dalam bidan Akutansi, maka dibutuhkan SIM dalam pengerjaanya.Semua instansi dan bagian dalam perusahaan termasuk SIM pasti mempunyai hubungan dengan SIA setidaknya dalam masalah gaji dan administrasi.
  3. SIM merupakan perkembangan SIA, SIM lahir setelah SIA ada dan terorganisir dengan baik, bisa dikatakan SIM lahir karena ada SIA.

Persamaan SIM dengan SIA

SIM dan SIA tentu mempunyai persamaan, persamaan tersebut adalah :

  1. Sama-sama mencari masalah dan informasi yang ada dalam perusahaan dan diberikan kepada manajer untuk dicari solusi pemecahan masalah tersebut walaupun kontribusi SIA dalam pemecahan masalah sedikit.
  2. Sama menggunakan komputer dalam pelaksanaan sistemnya dan sama-sama subsistem dalam CBIS.

 

Perbedaan SIM dengan SIA

SIM dan SIA mempunyai beberapa perbedaan antara lain :

  1. SIA berkewajiban untuk memberikan informasi dengan lingkungan sedangkan SIM tidak, SIM hanya merupakan usaha seorganisasi.
  2. SIA hanya menangani informasi dalam hal akutansi saja sedangkan SIM hampir semua masalah dibahas dan dicari pemecahannya.
  3. Output SIA masih luas, bisa dijadikan sebagai bahan bagi manajer maupun sumber data bagi sistem lain, sedangkan SIM hanya menyediakan informasi bagi manajer untuk dicari pemecahannya.
  4. SIA lebih berorientasi kepada data, sedangkan SIM lebih berorientasi kepada informasi

 

Referensi : https://www.scribd.com/doc/60246033/Beda-Sim-Sia

 

Perbedaan Akutansi Keuangan & Akutansi Manajemen

 

Perbedaan akuntasi keuangan dengan akuntasi manajemen, yaitu terletak pada :

  1. Pemakaian laporan akuntasi dan tujuan mereka
  2. Lingkup informasi
  3. Fokus informasi
  4. Rentang waktu
  5. Kriteria bagi informasi akuntasi
  6. Displin sumber
  7. Isi laporan
  8. Sifar informasi

 

Perbedaan Pokok Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

 

No. Keterangan Akuntansi Keuangan Akuntansi Manajemen

1.

Pemakai Utama Para manajer puncak dan pihak luar perusahaan. Para manajer dari berbagai jenjang organisasi

2.

Lingkup Informasi Perusahaan secara keseluruhan Bagian dari perusahaan

3.

Fokus Informasi Berorientasi pada masa yang lalu Berorientasi pada masa yang akan datang.

4.

Rentang waktu Kurang fleksibel. Biasanya Mencakup jangka waktu kuartalan, tengah tahun, th-an Fleksibel : bisa harian, mingguan, bulanan, bahkan bisa 10 tahunan.

5.

Kriteria bagi Informasi Akuntansi. Dibatasi oleh prinsip akuntansi yang lazim Tidak ada batasan, kecuali manfaat yang dapat diperoleh oleh manaj dari informasi dibandingkan dg pengorbanan untuk memperoleh informasi tersebut.

6.

Disiplin Sumber Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi dan Psikologi Sosial

7.

Isi Laporan Laporan berupa ringkasan Mengenai perusahaan sebagai keseluruhan. Laporan bersifat rinci mengenai bagian dari perusahaan.

8.

Sifat Informasi Ketepatan informasi  merupakan hal yg penting Unsur taksiran dalam informasi adalah besar.

 

Referensi : http://konibun.blog.com/2011/12/01/perbedaan-akuntansi-keuangan-akuntan-manajemen/

About Rahmad

Writers : Rahmad Hidayat now studying at Gunadarma University. Informatics of Management.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s